UM Berau luncurkan Unit Layanan Disabilitas

Kampus Universitas Muhammadiyah Berau resmi meluncurkan Unit Layanan Disabilitas (ULD) pada Selasa, 18 Oktober 2022 lalu. “Dengan didirikannya Unit Layanan Disabilitas di kampus UM Berau ini diharapkan dapat memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik dan sama kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk kepada mahasiswa berkebutuhan khusus.” ujar Muslimin sebagai ketua ULD.

Alasan pembentukan ULD UM Berau diharapkan dapat membantu memberikan pengarahan dan memenuhi kebutuhan mahasiswa berkebutuhan khusus selama melaksanakan pendidikan di lingkungan kampus. Serta menyiapkan pendidik, tenaga pendidikan dan fasilitas kampus untuk mahasiswa berkebutuhan khusus. “Semoga nanti ULD UM Berau juga dapat membuat Buku Saku Layanan Disabilitas yang bisa dibaca oleh mahasiswa dan seluruh pendidik di kampus” tambah Anggita selaku sekretaris ULD UM Berau.

Dalam waktu dekat ini, ULD UM Berau akan mengadakan sosialisasi yang ditargetkan untuk mahasiswa dan dosen mengenai cara peningkatan kepedulian terhadap individu berkebutuhan khusus. Selain itu, di bulan November tahun ini ULD UM Berau berencana untuk merombak salah satu toilet di Gedung C agar bisa digunakan secara nyaman untuk mahasiswa berkebutuhan khusus. Desain toilet difabel ini disesuaikan dengan desain yang digunakan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Tanjung Redeb, Berau. Diharapkan toilet difabel ini selesai pada akhir tahun dan dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Berau, terkhusus lagi untuk mahasiswa berkebutuhan khusus.

Saat ini UM Berau memiliki 3 mahasiswa berkebutuhan khusus, yang terdiri dari 2 orang Tuna Daksa dan 1 orang Tuna Wicara. Diharapkan dengan dibentuknya ULD ini dapat mewujudkan visi kampus menjadi perguruan tinggi inklusi dan dapat mewadahi individu berkebutuhan khusus yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya di Kabupaten Berau. (Anggi)